A Journey to Achieve Crown of Modesty - World Muslimah 2013

Wednesday, October 16, 2013



Assalamualaikum muslimah :)
Well, i will introduce my self. My name is febrian nurvianti you can call me fia. I am the first daughter from 3 siblings. Now, i am still active student in brawijaya university, majoring in communication science (Public Relations).

Oke saya mau share nih tentang world muslimah. Kalian semua terutama para hijabers muda pasti ada yang udah aware nih sama world muslimah. World muslimah adalah ajang pemilihan putri muslimah sejagad. Bisa dibilang nih kalau Amerika punya Miss Universe, Inggris punya Miss World, maka Indonesia menjawab dengan World Muslimah. Ditahun 2013 ini merupakan kali ketiga World Muslimah mengadakan acara ini. Tahun 2011 dan 2012 WM masih World Muslimah Beauty namun pada tahun ini para stakeholder sepakat untuk menghilangkan kata “Beauty”. Eka Triatna Shanty, merupakan Founder sekaligus CEO World muslimah foundation. Beliau merupakan seorang aktivis. Menurut beliau tujuan utama World Muslimah adalah untuk menyuarakan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para muslimah di Indonesia dan di negara-negara lainnya. “Kalau di Indonesia, muslimahnya mungkin sudah bahagia. Tapi, bagaimana nasib muslimah kita di Bangladesh, Irak, Mesir, dan Suriah? Bagaimanapun, perang selalu menyisakan perempuan sebagai korbannya,” Ungkapnya. Pada tahun 2011 pemenang world muslimah beauty adalah Dika Restiyani, kemudian di tahun 2012 adalah Nina Septiani. Who is the next?… Penasaran? Hehe nonton aja grand final tanggal 18 september 2013 di Balai Sarbini Jakarta dan akan live di ANTV :).
Alhamdulillah saya diberikan kesempatan berharga oleh Allah dan World Muslimah Foundation(WMF) untuk masuk menjadi 20 besar finalist. Contest ini penyaringannya melalui online, pada tahun 2013 ini ada sekitar 550 muslimah dari berbagai negara ikut serta berpartisipasi. Awalnya saya tidak yakin untuk ikut contest ini, melihat yang sebelum-sebelumnya, semua finalist nya sangat berkualitas selain rata-rata cantik, para finalist nya juga pintar-pintar mengaji. Hal tersebut membuat saya minder untuk ikut. Kemudian ketika kekampus saya bertemu teman, dan mengajak saya untuk ikut WMF tadinya minder tapi teman saya bilang “apa salahnya mencoba,fi!” Akhirnya saya memutuskan untuk ikut. Namun sayangnya teman yang mengajak saya tidak masuk menjadi finalis :(. ada 3 tahap sampai menjadi finalis. Tahap pertama adalah para peserta mengisi formulir pendaftaran kemudian menulis essay tentang My Hijab Experience, My Achievements (Eligibility to Become the World Muslimah), dan My Social Activities. Kemudian dari sekian peserta disaring menjadi semi finalist 100 besar, rupanya kualitas essay sangat dipertimbangkan. Alhamdulillah saya lolos pada tahap ini. Kemudian 100 semifinalis diberikan tantangan selanjutnya untuk membuat video profile yang berdurasi sekitar 3menit tentang “Me & My family, My recent acitivity, My Spiritual life/ achievement/ talent/ social activity & My capability in Al Qur’an reading/ recitation.” Ini link video profile yang saya kirimkan ke WMF :
Panitia hanya memberikan kesempatan 1 minggu untuk pembuatannya dan para semifinalist wajib mengirimkannya serentak pada tanggal 30 july 2013. Ketika saya mendapat kabar bahwa lolos 100 besar saya langsung membuat konsep ide cerita, script, mencari lokasi dan lain sebagainya. Kebetulan teman saya novi dan rizky membantu saya dalam pembuatan video ini. Bersyukur saya menjadi mahasiswa komunikasi sehingga ketika prosesnya saya sudah mengetahui teknis pembuatannya karena seringnya mendapat tugas membuat video pendek dari dosen. Setelah itu proses selanjutnya adalah penjurian video profile yang dikirimkan oleh 100 semifinalist. Para juri terdiri dari U. Saefudin Noer (chair of jury, Head of Syariah CIMB Niaga) and Windri Marieta (artist & song writer), Ofiyati Sobriyah, SH (Qori’ah, Qur’anic Education), Gina Hendraswati (Social Activist), Velda Rusli (Media) and guest of Jury from Brunei Darussalam, Baron DR. Abdul Radzak (Entrepreneur). Kemudian tanggal 17 agustus kemarin yang bertepatan dengan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, WMF mengumumkan 20 besar finalis. Pada saat itu saya dapat informasi dari teman bahwa saya masuk menjadi finalis dan langsung cepat-cepat mengeceknya. Alhamdulillah, saya benar-benar tidak menyangka bahwa Allah dan World muslimah memberikan kesempatan ini untuk saya. Saya selalu percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika Allah sudah berkehendak semuanya akan mungkin terjadi. Saya ingat pengalaman ketika akan masuk perguruan tinggi negeri. Saat itu ada sekitar 7 anak yang ingin mengajukan PMDK (PSB) ke Universitas Brawijaya Malang, karena sekolah saya sangat ketat sekali, akhirnya pihak sekolah hanya akan mengirimkan 2 orang siswanya saja. Saya selalu berdoa dan berharap saya yang terpilih untuk bisa mengirim berkas ke universitas brawijaya. dan diantara ke 7 teman saya itu, saya merasa saya yang paling biasa-biasa saja. Tapi keputusan sekolah memutuskan, saya dan teman seorang laki-laki yang akan dikirim. Yang paling mengejutkan ternyata saya diterima di universitas brawijaya jurusan ilmu komunikasi kelas inggris. Lagi-lagi Allah memberikan sesuatu yang sangat tidak disangka-sangka. Dan beberapa minggu kemudian saya juga diterima di brawijaya dengan jurusan yang sama melalui jalur ujian tulis namun dikelas reguler. Tapi saya memutuskan untuk mengambil yang jalur PSB karena lebih murah heheh :p. jadi itu merupakan pengalaman berharga dan juga merupakan suatu kabar kebaikan-kebaikan yang saya dapat ketika saya telah beristiqomah mengenakan hijab saya. Dan saya selalu percaya sesuatu yang diusahakan, diupayakan, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan dibantu dengan doa. Jangan lupa segala sesuatu juga harus dikerjakan dengan ikhlas agar apapun yang dikehendaki oleh Allah kita bisa menerimanya dengan lapangdada. :)
20 nama finalist world muslimah 2013 :
1. Obabiyi Aishah - Nigeria
2. Princess Aisha - Nigeria
3. Ainee Fatima - USA
4. Naznin Sultana Liza - Bangladesh
5. Dayangku Rabiatul - Brunei Darussalam
6. Masoumeh Ibrahemi- Iran
7. Nia Budi Kurniawati - Indonesia (West Java)
8. Noor Aspasia - Indonesia (West Java)
9. Evawani - Indonesia (Aceh)
10. Febrian Nurvianti - Indonesia (Bali)
11. Anggi Maisarah- Indonesia (North Sumatera)
12. Maulina Sukmawati- Indonesia (Central Java)
13. Santi Handayani- Indonesia (West Sulawesi)
14. Nadia Chairunnisa – Indonesia (Riau)
15. Ananda Suci Munggaran- Indonesia (West Java)
16. Hidayatur Rahmi - Indonesia (West Sumatera)
17. Futri Virginia – Indonesia (DKI Jakarta)
18. Balqis Faradiba – Indonesia (DKI Jakarta)
19. Nur Maulida – Indonesia (Tangerang)
20. Putri Puspa Wardani – Indonesia (East Java)
Tanggal 10-17 september nanti saya akan berangkat kejakarta untuk karantina dan tanggal 18 september adalah malam puncak grand final world muslimah 2013 dan akan live di ANTV. Saya mohon doa dan dukungan supportnya ya teman-teman. Please keep me in your dua and prayer ya gays :*
Untuk itu bagi teman-teman semua yang belum dukung saya ayo vote saya di link ini :)
Caranya gampang kok, link nya dibuka, kemudian cari finalis “FEBRIAN NURVIANTI-BALI” lalu klik “CONNECT” tunggu sampai ada notifikasi “VOTE SUCCES”
Jazakumullah :)

You Might Also Like

0 comments

My Instagram